Pada Mazda, penelitian dan pengembangan teknologi keselamatan didasarkan pada filosofi perusahaan disebut “Mazda Proaktif Keselamatan” yang bertujuan untuk meminimalkan resiko kecelakaan dengan memaksimalkan berbagai kondisi di mana pengemudi bisa aman beroperasi kendaraan. Pencegahan risiko diwujudkan melalui posisi mengemudi yang optimal, pengakuan bahaya dan menghindari tabrakan. Teknologi ini kemudian dikenal sebagai i-ACTIVSENSE.
Sistem i-ACTIVSENSE adalah sebuah rangkaian terintegrasi teknologi keamanan aktif mutakir yang dirancang untuk menginformasikan, mendukung dan melindungi pengendara. Sistem ini membantu menciptakan lingkungan dimana pengemudi dapat secara akurat mengenali, mengevaluasi dan bereaksi terhadap kondisi jalan dan lalu lintas, terdiri dari berbagai macam elemen yang menggunakan radar, laser, dan kamera depan untuk memantau jalan, lalu lintas, serta situasi di sekeliling kendaraan
Fitur-fitur dalam teknologi i-ACTIVSENSE :
Lane Departure Warning System (LDWS) |
Lane Departure Warning System (LDWS)
LDWS akan membaca marka jalan dan memberikan peringatan saat sistem menilai kendaaran mulai menyimpang dari jalurnya, akan bekerja pada kecepatan diatas 65 km/jam dan tidak akan berbunyi jika pengemudi mengaktifkan lampu sein.
Smart City Break Support (SCBS) |
Smart City Break Support (SCBS)
Teknologi ini mengandalkan pancaran near-infrared (NIR)
unguk mengukur jarak dengan kendaraan di depan saat lalu lintas padat
merayap. Bila jarak kendaraan terlalu dekat dan beresiko tabrakan, maka
sistem akan langsung mengaktifkan rem untuk mempertahankan jarak aman
tanpa perlu input dari pengemudi. Sistem ini bekerja secara otomatis
pada kecepatan 4-30 km/jam.
Rear Vehicle Monitoring (RVM) |
Rear Vehicle Monitoring (RVM)
Mendukung manuver seperti perpindahan jalur dengan memonitor tempat yang sulit terlihat di bagian belakang dan di samping kiri dan kanan dari kendaraan, serta memberi peringatan akan adanya keberadaan kendaraan lain dengan peringan LED di spion kiri atau kanan dan sebuah suara peringatan dengan volume yang dapat disesuaikan. Bekerja pada kecepatan diatas 30 km/jam.
Forward Obstruction Warning System (FOW) |
Forward Obstruction Warning System (FOW)
Sistem ini menggunakan kamera untuk mendeteksi laju dan jarak kendaraan di depannya, saat sistem menilai jarak kendaraan terlalu dekat dengan kendaraan di depannya, maka sistem akan memberikan peringatan.
High Beam Control (HBC) |
High Beam Control (HBC)
Sistem ini menggunakan kamera yang akan mendeteksi jika ada kendaraan dari arah yang berlawanan dan otomatis mematikan lampu jauh serta menyalakan lampu dekat. HBC hanya akan bekerja sat saklar lampu pada posisi lampu jauh atau auto.
Adaptive Front-lighting System (AFS) |
Adaptive Front-lighting System (AFS)
Mengemudi di malam hari menjadi lebih aman dengan AFS yang memungkinkan anda untuk melihat belokan. AFS mengambil input dari sudut kemudi dan kecepatan kendaraan, lalu memprediksi bentuk jalan dan akan otomatis mengarahkan cahaya lampu depan sehingga memperjelas jalan di depan.